KEWIRAUSAHAAN
Ringkasan
Dalam
menjalankan suatu usaha, seorang wirausaha perlu memikirkan semua risiko yang
akan terjadi terhadap usahanya. Agar usahanya dapat berjalan lancar dan sukses,
semua risiko yang timbul harus dianalisis untuk kemudian disusun suatu strategi
yang tepat dalam menjalankan usaha.
Tujuan dan manfaat
analisis data bagi seorang wirausaha dalam menjalankan dan mengelola sebuah
usaha adalah sebagai berikut.
a.
Memperoleh data yang lebih akurat.
b.
Mengetahui suatu kecenderungan(tren) di
masa datang.
c.
Meminimalkan risiko kegagalan.
d.
Mengetahui kondisi dan kinerja usahanya.
e.
Mengetahui kecenderungan permintaan pasar.
1. Jenis Data dalam Pengambilan
Keputusan
a.Data
produk
b.Data
piutang
c.Data
permintaan kebutuhan produk
d.Tingkat
kepuasan
e.Jumlah
penjualan
f.Catatan
dan laporan
g.Data
tentang informasi
2. Sumber-Sumber Analisis Data
a.Sumber
data dari lapangan
b.Sumber
data dari media massa
c.Sumber
data dari pemerintah
d.Sumber
data dari internal perusahaan
3. Analisis Data dengan Menggunakan
Pendekatan Statistika
Dalam
pengambilan keputusan, akan lebih baik jika seorang wirausaha menggunakan data
daripada menggunakan intuisi. Yaitu melalui perhitungan statistic melalui
analisis persamaan regresi dan korelasi.
a.Regresi
linier sederhana
b.Korelasi
linier sederhana
Strategi
Menjalankan Usaha
Pada
kenyataan dunia usaha, tidak ada satu strategi usaha pun yang dapat menjadi
patokan mutlak untuk mencapai kesuksesan. Lingkungan ekonomi mikro dan makro yang selalu berubah
serta situasi dan kondisi lingkungan usaha yang tidak pasti merupakan alasan
untuk hal ini.
1. Faktor Penggerak Perubahan
a.Perubahan
yang didorong oleh factor ekonomi
b.Perubahan
yang didorong oleh factor pasar
c.Perubahan
oleh factor perkembangan teknologi
d.Perubahan
yang dipengaruhi factor iklim
2. Pengaruh Perubahan terhadap
Strategi Menjalankan Usaha
Seorang
wirausaha yang cerdas harus memperhatikan dampak perubahan yang mungkin akan
terjadi terhadap usahanya. Oleh karena itu, diperlukan perubahan strategi untuk
disesuaikan dengan keadaan pesaing, permintaan, perilaku pembeli dan lain-lain.
Perubahan ini memilik 4 konsekuensi, yaitu:
a.Perubahan
akan menciptakan peluang/kesempatan(opportunity)
b.Perubahan
akan menciptakan ancaman(threat)
c.Perubahan
dapat memperlemah daya saing dan kondisi perusahaan(weak)
d.Perubahan
dapat memperkuat kondisi, daya saing dan strategi(strength)
3. Strategi Pemetaan Produk (Product
Mapping)
Sebuah
usaha dapat sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industry dan
dijalankan dengan jelas baik dari segi skala organisasi maupun jangkauan
pasarnya. Pada umumnya, suatu perusahaan terlebih dahulu akan melakukan
pemetaan posisi perusahaan terhadap pusat, khususnya terhadap pesaing yang
paling potensial.
4. Strategi Pemetaan Kualitas dan
Harga Pasar untuk Mengetahui Posisi Produk di Pasar
Salah
satu penyebab kegagalan ketika usaha sudah mulai berjalan adalah ketidaktahuan
akan posisi kualitas dan harga produk di tingkatan pesaingnya. Konsep pemetaan
kualitas dan harga antara produk-produk di pasar adalah dengan membandingkan
kualitas produk dengan harga. Konsep pemetaas ini disebut Value-Based Pricing.
5. Mengetahui Teori Permintaan dan
Penawaran ( Supply and Demand Theory)
Salah
satu teori yang harus dikuasai seorang wirausaha dalam mempersiapkan strategi
menjalankan usaha adalah teori permintaan dan penawaran (supply and demand
theory).
a.Perilaku
konsumen dan permintaan suatu produk di pasar
b.Mekanisme
harga di pasar
6. Mengenal Perilaku Konsumen dalam
Menentukan Strategi Pemasaran dan Promosi
a. Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen
-
Factor budaya
-
Kelas social
-
Keluarga
-
Usia dan tahap siklus hidup
-
Jenis pekerjaan
-
Kondisi ekonomi
-
Gaya hidup
b. Proses
keputusan pembelian
-
Pencetus ide(initiator)
-
Pemberi pengaruh(influencer)
-
Pengambil keputusan(decider)
-
Pembeli(buyer)
-
Pemakai(user)
7. Daur Hidup Produk (Produk Life
Cycle/PLC)
Daur
hidup produk merupakan tahapan-tahapan penting dari produk yang menegaskan
bahwa sifat-sifat produk itu akan menentukan pertumbuhan produknya, yaitu:
a.Sebuah
produk mempunyai waktu hidup yang terbatas.
b.Produk
selalu tumbuh dan berkembang.
c.Pertumbuhan
produk akan memberikan perbedaan jumlah laba/kontribusi keuntungannya
d.Pertumbuhan
produk mempengaruhi kinerja organisasi, kapasitas, produksi, keuangan, permodalan, arus kas dan strategi penjualannya.
Daur
hidup produk sangat penting untuk diketahui oleh wirausaha ketika memulai
usaha. Daur hidup terdiri dari 4 tahap, yaitu:
a.Tahap
perkenalan (Introducing)
b.Tahap
pertumbuhan (Growth)
c.Tahap
mapan (Mature)
d.Tahap
penurunan (Decline)
Berdasarkan
daur hidup produk, diharapkan wirausaha mulai berhati-hati dalam memulai dan
mengelola usahanya mengingat usaha dan produk juga mempunyai daur hidup.
Soal
1. Sebutkan
salah satu tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha dalam
menjalankan dan mengelola sebuah usaha ?
menjalankan dan mengelola sebuah usaha ?
2. Sebutkan
2 jenis data yang digunakan dalam pengambilan keputusan ?
3. Sebutkan
2 jenis factor yang mempengaruhi perilaku konsumen ?
4. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Value Based Pricing !
5. Ada
4 faktor penggerak perubahan, sebutkan ?
6. Apa
yang dimaksud dengan Teori Permintaan dan Penawaran(Supply and Demand Theory)
?
7. Sebutkan
tahap-tahapan dalam Daur Hidup Produk ?
8. Dalam
pengambilan keputusan, akan lebih baik jika seorang wirausaha menggunakan data
daripada menggunakan intuisi. Sebutkan apa saja metode yang dilakukan dalam pengambilan
keputusan dengan mengunakan data ?
daripada menggunakan intuisi. Sebutkan apa saja metode yang dilakukan dalam pengambilan
keputusan dengan mengunakan data ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar